SPONSOR ACARA

Rekap data total paket donasi dan akumulasi kilometer setiap tim

LARI VIRTUAL BERBAGI KEBAIKAN

Bermula dari diskusi dan ajakan ringan untuk berolah raga di waktu pandemi secara virtual, kegiatan ini kemudian berkembang menjadi gerakan berbagi untuk sesama yang menggandeng Lembaga Daya Dharma, Keuskupan Agung Jakarta melalui program Meretas Asa.

Penggiat lari alumni 4 (empat) sekolah homogen di Jakarta  (Canirunners, Tarki Runners, Sanurunners dan PL Runners) sepakat untuk bersama-sama membantu adik-adik usia sekolah dari keluarga pra-sejahtera dengan cara mengumpulkan donasi sambil berlari virtual sepanjang Agustus 2020.

Donasi seperti apa? 1 (satu) kilometer jarak yang dilarikan, akan menyumbang 1 paket alat tulis senilai Rp 50.000. Dalam gerakan ini, kami berharap dapat mengumpulkan 50.000 paket alat tulis untuk dibagikan pada adik-adik yang membutuhkan.

Untuk itu, kami mengetuk hati bapak/ibu/saudara sekalian, untuk berpartisipasi dengan cara berdonasi dengan klik tombol Donasi dibawah serta memilih team mana yang akan melarikan donasi bapak/ibu/saudara.

Terimakasih, Tuhan memberkati.
Men & Women for Others

SELAYANG PANDANG LDD & MERETAS ASA

Lebih dekat dengan LDD dan Meretas Asa.

Siapa dan apa sih LDD itu?

Mungkin inilah pertanyaan kalian, para peserta Lari Virtual Berbagi Kebaikan.

Lembaga Daya Dharma, atau yang lebih sering disebut LDD, adalah sebuah lembaga sosial milik Keuskupan Agung Jakarta. Memang bagi banyak orang masih asing terdengar, bahkan bagi umat Katolik di Keuskupan Agung Jakarta sendiri.

Sebagai lembaga sosial, perjalanan LDD yang telah berusia 58 tahun memang lebih banyak terdengar di kalangan keluarga pra-sejahtera. Merekalah para dampingan LDD selama ini. LDD memang lahir untuk hadir dan mendampingi mereka yang kecil, lemah, miskin, tersingkirkan, dan menyandang disabilitas (KLMTD) dengan membawa representasi wajah gereja.

Sementara itu, Meretas Asa adalah salah satu dari banyak program di LDD yang digulirkan sekitar awal Juni 2020 sebagai sebuah upaya untuk membantu dan menyokong anak-anak dari keluarga pra-sejahtera dalam bidang pendidikan.Dalam program ini, LDD bersama relawan muda (anak usia SMP Dan SMA) dari beberapa sekolah di Jakarta, dan donatur, menyiapkan paket alat tulis sekolah berupa beberapa buah buku tulis dan perlengkapan tulis sekolah seperti pulpen, pensil, dan pensil warna.

Buku tulis dan peralatan tulis sekolah? Apakah masih dibutuhkan saat sekolah dimasa pandemi Covid-19 ini? Bukannya sekolah online semua? Mungkin inilah pertanyaan yang sempat terlintas di banyak kepala. Jawabannya, masih dan sangat membantu. Mengapa?

Hasil survey lapangan kami di perkampungan kumuh dan padat penduduk, banyak guru guru PAUD dampingan LDD yang menerapkan sistem keliling jemput bola, mendatangi rumah-rumah siswa yang terbagi dalam kelompok kecil. Perlu diingat juga bahwa HP dan quota internet adalah sesuatu yang tidak terjangkau bagi mereka. Namun, yang terutama, kehadiran bantuan berupa paket alat tulis yang sederhana, sungguh dirasa sebagai sebuah bentuk perhatian serta sapaan bagi mereka.

Program Meretas Asa ini pun akan terus kami gulirkan hingga tanggal 28 Oktober 2020, bersamaan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, sebagai peringatan ikrar semangat persatuan dalam membangun negara tercinta kita melalui pendidikan.

Ide mengadakan sebuah crowdfunding dalam bentuk lari yang tercatat secara virtual untuk pengadaan paket alat tulis ini, sangat kreatif sekaligus sehat. Terima kasih saya ucapkan kepada para donatur, pelari dan semua yang ikut andil dalam semangat belarasa jaman now ini.

Lembaga Daya Dharma KAJ dapat terus exist dan berkarya karena adanya dukungan dan semangat dari kalian. #AndaDonasiAndaLariKamiSalurkan dukungan belarasa anda.

Salam Sehat, Salam Belarasa.

Pater Kristiono Puspo, SJ
Direktur Pelaksana LDD-KAJ.

Ikut berdonasi paket

Baca panduan berdonasi

Tertarik mensponsori program?

Lihat performa peserta